Tony Wagner’s 7 Survival Skill

Pada era ini, dunia sangat cepat berkembang, untuk menghadapinya kita sebagai kaum muda juga harus terus mengembangkan diri kita, agar dapat “survive”. Ada banyak hal yang dapat dikembangkan dalam diri kita, mulai dari pengetahuan, meningkatkan hardskill, maupun softskill. Salah satu konsep yang bisa kita jadikan acuan adalah 7 Survival Skill.

7 Survival Skill adalah konsep yang di populerkan oleh Tony Wagner, 7 Survival Skill menyediakan kerangka kerja penting yang perlu dimiliki dan dikuasai oleh siswa muda masa kini. Tony Wagner sendiri adalah spesialis pendidikan terkemuka, dia bekerja di Harvard, dan telah mengajar di setiap tingkat kelas mulai dari sekolah menengah hingga pascasarjana.

7 Survival Skill yang di populerkan Tony Wagner ini meliputi :

  • Critical Thinking and Problem Solving

Dalam kehidupan dan dunia kerja kita harus berhadapan dengan banyak sekali informasi, penting bagi kita untuk dapat  menentukan mana yang penting dan akurat dari berbagai informasi tersebut. Dengan begitu, kita akan dapat menyelesaikan berbagai masalah dengan lebih mudah, dan menjadi pemikir yang kritis.

  • Collaboration Across Network and Leading by Influence

Dalam era ini, kita sudah tidak bisa mengerjakan semuanya sendirian. Kerjasama tim sangat diperlukan, karena dengan berkolaborasi kita bisa lebih mengenal kekurangan dan kelebihan diri kita sendiri dan orang lain, sehingga kita tau kapan kita butuh bantuan orang lain dan kapan kita bisa menonjolkan kemampuan kita.

  • Agility and Adaptability

Dunia sangat cepat mengalami perubahan, maka dari itu kita harus lebih gesit dan mudah beradaptasi dalam era distrupsi ini. Persaingan semakin ketat, semua orang berlomba-lomba untuk menemukan ide baru dan solusi baru dari permasalahan yang ada, jika kita tidak bergerak cepat dan beradaptasi, kita sangat mungkin untuk tertinggal.

  • Initiative and Entrepreneurialism

Dunia butuh seseorang yang proaktif, mau bergerak tanpa perlu disuruh. Kita perlu menjadi seseorang yang kreatif dan menemukan jawaban maupun solusi dari setiap masalah yang kita hadapi.

  • Effective Oral and Written Communication

Komunikasi tidak hanya proses bertukar informasi antara 2 orang atau lebih, tetapi komunikasi di dunia kerja juga membantu proses kerja, dan akan memberi banyak manfaat untuk tim. Kemampuan bicara maupun menulis yang baik tentu penting untuk kita miliki agar kita bisa menyampaikan apa yang ingin kita sampaikan dengan lebih akurat.

  • Accessing and Analyzing Information

Dalam kehidupan sehari-hari maupun di dunia kerja penting bagi kita untuk menemukan informasi dan mengolah informasi tersebut untuk menyelesaikan berbagai permasalahan maupun pekerjaan yang kita miliki.

  • Curiosity and Imagination

Rasa ingin tau dan imajinasi sangat penting untuk kita miliki, karena hal ini akan membuka banyak kemungkinan baru, dengan rasa ingin tau yang tinggi kita bisa melihat dari sudut pandang berbeda yang biasanya tidak terlihat ataupun terpikirkan.

Mari kita kembangkan terus diri kita, agar bisa meraih masa depan yang kita impikan!


Tinggalkan komentar anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.