Tips Mencapai Work-Life Balance

Pekerjaan memang merupakan hal yang penting dalam hidup kita, bagi banyak orang karir merupakan indikator utama dalam kesuksesan, karenanya kita sering kali mementingkan pekerjaan lebih dari apapun.

Walaupun pekerjaan itu penting, namun memiliki keseimbangan antara pekerjaan dengan kehidupan pribadi kita akan membawa banyak dampak positif. Bukan hanya terhadap kesehatan fisik dan mental kita saja, namun juga pada karir kita.

Mari kita pelajari lebih lanjut tentang work-life balance, singkatnya work-life balance adalah keadaan dimana seseorang memprioritaskan pekerjaan dan kehidupan pribadinya secara seimbang. Terkadang seseorang memiliki work-life balance yang buruk dikarenalan beberapa hal, misalkan:

  • Meningkatnya tanggung jawab di tempat kerja
  • Bekerja lebih lama dari seharusnya
  • Meningkatnya tanggung jawab di rumah
  • Memiliki anak

Bagaimana cara mencapai work-life balance yang lebih baik? Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan:

  1. Sadari bahwa tidak ada work-life balance yang sempurna

Work-life balance bukan berarti setiap hari kamu bisa punya waktu untuk produktif dalam pekerjaan sekaligus punya waktu yang cukup juga untuk kehidupan pribadi kamu. Tapi ada waktu dimana kamu fokus dalam bekerja dan ada juga waktu untuk kehidupan pribadi kamu.

  • Cari pekerjaan yang kamu suka

Memang tidak ada pekerjaan yang sempurna, kamu tidak perlu menyukai seluruh bagian dari pekerjaan kamu. Setidaknya, pekerjaan tersebut masih menarik untuk kamu dan tidak membuat kamu merasa terpaksa dalam mengerjakannya.

  • Perhatikan kesehatan kamu

Memiliki kesehatan mental dan fisik yang baik akan membuat kamu lebih produktif dalam bekerja. Jadi, ketika kamu sakit, jangan terlalu memaksakan diri untuk bekerja, karena jika penyakit kamu memburuk, kamu justru akan perlu waktu pulih lebih lama dibanding kamu izin untuk istirahat 1 hari beristirahat.

  • Sediakan waktu untuk berlibur

Gunakan hari libur dan jatah cuti kamu dengan maksimal. Memang tidak ada salahnya mengejar target pekerjaan kamu saat weekend, tapi jika tidak ada pekerjaan mendesak, tidak ada salahnya menggunakan waktu itu untuk pergi berlibur, walaupun hanya 1 atau 2 hari.

  • Luangkan waktu untuk orang yang kamu sayang

Pekerjaanmu memang penting, tapi bukan  berarti pekerjaan adalah segalanya. Jika kamu tidak pernah merencakanan waktu khusus untuk diri kamu sendiri dan orang yang kamu sayang, selamanya kamu tidak akan pernah memiliki waktu selain untuk bekerja.

  • Tentukan target dan prioritas kamu

Coba pelajari kapan kamu paling produktif saat bekerja,  dan gunakan waktu tersebut untuk fokus pada pekerjaan utama kamu dan hindari mengerjakan pekerjaan lain yang tidak terlalu penting secara bersamaan. Ketika jadwal kamu lebih terstruktur, kamu akan lebih produktif dan memiliki lebih banyak waktu luang.

Sekian tips bagaimana mencapai work-life balance, selamat mencoba!


Tinggalkan komentar anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.