Tips Anti Jenuh Saat Ngoding! Apa Aja Sih?

Tips Anti Jenuh Saat Ngoding! Apa Aja Sih?

Rasa jenuh atau malas memang sering melanda di tengah pekerjaan atau tugas-tugas kita. Tidak bisa dipungkiri kalau kita sering merasa malas. Tapi yang terpenting adalah bagaimana cara kita mengatasi atau menghilangkan rasa malas itu.

Tak terkecuali, programmer juga sering dihadapkan pada situasi seperti ini saat ngoding. Lantas, bagaimana mengatasi jenuh dan malas saat ngoding? Berikut 10 tips ampuh nya!

  1. Buat Goals dan To Do List

Kamu pasti sudah sering mendengar tentang ini. Walaupun begitu, tips ini memang sangat ampuh untuk mengatasi berbagai macam permasalahan yang dihadapi. Rasa malas saat ngoding itu muncul karena tidak tahu apa tujuan yang mau dicapai. Oleh karena itu, buatlah target untuk mengetahui dengan jelas arah tujuanmu, dan buat to do list agar tugasmu terstruktur dan selesai tepat waktu.

  1. Dari Keharusan menjadi Kemauan

Rasa jenuh dan malas datang dari dirimu sendiri. Oleh karena itu, kamu perlu mengubah persepsi yang semua ‘harus’ menjadi ‘mau’. Harus dan mau merupakan kata yang memiliki makna berbeda. Harus seperti halnya paksaan karena sebuah keharusan untuk mengerjakannya, sedangkan mau seperti halnya kesadaran karena kamu memiliki kemauan untuk mengerjakannya.

  1. Motivasi Diri

Motivasi dapat kamu temukan dari mana saja, dari tokoh-tokoh terkenal, dari orang sekitarmu yang sudah sukses, dan bahkan dari film yang kamu tonton. Selain mencari motivasi dari sekitar, semangati juga dirimu sendiri, dan percaya bahwa kamu dapat melakukannya. 

  1. Pola Hidup yang Tepat dan Istirahat yang Cukup

Rasa jenuh dan malas bisa dipicu oleh pola hidup yang kurang tepat, yang mengganggu kesehatan fisik. Walaupun programmer identik dengan bekerja di malam hari, namun kamu harus tetap menyeimbangkan pekerjaan dan istirahat. Dengan mengubah pola hidup secara teratur, kamu akan terbiasa untuk melakukan sesuatu hal secara teratur dengan begitu rasa malas ngoding pun akan hilang dengan sendirinya

  1. Rajin Olahraga

Olahraga dapat menghilangkan kejenuhanmu dari pekerjaan. Jika tidak memungkinkan untuk berolahraga, memperbanyak gerak dengan melakukan apapun dapat mengurangi rasa jenuhmu. Selain menghilangkan rasa jenuh, olahraga juga menjaga stamina dan membuat tubuhmu menjadi lebih fit untuk bekerja kembali.

  1. Mengerjakan Pekerjaan yang Mudah Terlebih Dahulu

Kamu pasti pernah stuck pada suatu pekerjaan. Hal itu dapat terjadi karena pekerjaan yang sulit, sehingga membuatmu bingung harus mulai dari mana. Oleh karena itu, daripada membuang waktu memikirkan jalan masalah itu, ada baiknya jika kamu mengerjakan pekerjaan yang mudah terlebih dahulu, baru beralih ke pekerjaan yang sulit.

  1. Hindari Media Sosial

Saat jenuh, bawaannya pasti ingin scroll media sosial. Hal ini akan membuat perhatianmu teralihkan, sehingga pekerjaanmu jadi terbengkalai. Memang sulit menghindari media sosial, namun kamu bisa coba dengan menjauhkan sejenak smartphonemu ketika sedang bekerja.

  1. Tingkatkan Mood

Rasa malas atau jenuh biasanya datang dari kehilangan mood. Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan moodmu, beberapa di antaranya adalah mendengarkan musik sambil menari kecil, menyanyi, keliling ruangan, menghirup udara segar di luar ruangan, dan sebagainya.

  1. Menikmati Secangkir Kopi 

Bagi kamu yang belum tahu, kopi dipercaya dapat meningkatkan semangat, stamina, dan mood di kala tugasmu menumpuk. Jika kamu bukan penikmat kopi, boleh ganti ke minuman lain yang manis, untuk meningkatkan mood-mu saat bekerja.

Demikianlah tips menghilangkan rasa jenuh saat ngoding. Satu hal yang perlu di catat, rasa malas akan hilang dengan sendirinya apabila kita membiasakan diri untuk produktif dan teratur. Semoga tips ini bermanfaat ya!


Tinggalkan komentar anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.