Selama masa pandemic Covid-19 ini, hampir segala hal dilakukan secara online, termasuk ujian yang harus dilalui siswa atau mahasiswa. Ujian online tidak terlalu berbeda dengan ujian pada umumnya, hanya saja ujian tidak dilakukan di atas kertas, namun dengan menjawab soal yang disediakan pada media online tertentu. Lantas, apa saja tips yang harus dilakukan agar sukses mengikuti ujian online? Berikut penjelasannya!

  • Kumpulkan kisi-kisi pelajaran

Kisi-kisi biasanya diberikan menjelang ujian, namun terkadang juga tidak diberikan sama sekali, sehingga kita harus berusaha sendiri untuk mencarinya. Kisi-kisi bisa didapatkan dari teman lain atau dari guru/dosen. Oleh karena itu, jangan malu bertanya untuk mendapatkan nilai yang bagus ya!

  • Rangkum materi pembelajaran

Materi pelajaran bisa dirangkum dengan membuat poin-poin, paragraf, atau mindmap. Tergantung kamu lebih nyaman untuk mempelajari yang mana. Jangan lupa tambahkan keywords agar mudah di hafal.

  • Harus mandiri

Jika ada materi yang tidak kamu mengerti, kamu bisa bertanya kepada guru/dosen, dari teman, keluarga, atau searching di internet.

  • Selalu mendengarkan materi

Kamu perlu memasang perhatian lebih Ketika ada pemaparan materi, apalagi kalau ada contoh soal. Catatlah yang kamu rasa penting!

  • Tidak hanya menghafal, tapi juga memahami

Jika kamu hanya menghafal materi, seandainya kamu lupa, kamu akan lupa total. Namun jika kamu memahami, kamu bisa mengintepretasikan sendiri arti dari materi yang kamu pelajari.

  • Istirahat di sela-sela belajar

Tidak selalu harus belajar, kamu tentunya memerlukan waktu istirahat di antara sela-sela waktu belajar. Sisihkan waktu 15-30 menit untuk berjalan-jalan di sekitar ruangan, meluruskan badan, atau mendengarkan lagu sejenak.

  • Susah ke gampang

Jika kamu memiliki 2 ujian yang harus kamu lalui besok, prioritaskan yang susah terlebih dahulu, baru belajar yang mudah.

  • Kerjakan Latihan soal

Selain mempelajari materi, kamu perlu mengerjakan Latihan soal, karena yang keluar di ujian adalah berupa soal kasus bukan? Kamu bisa mengerjakan Latihan soal bareng teman dan kemudian mereviewnya, sehingga kamu punya insight baru.

  • Pakai reminder atau alarm

Teruntuk kamu yang suka telat menjelang ujian, ada baiknya menggunakan reminder atau alarm supaya tepat waktu untuk masuk kelas.

  • Koneksi internet harus stabil

Sebelum memulai ujian, pastikan koneksimu stabil, dan kamu berada di ruangan yang nyaman.

  • Istirahat yang cukup

Jangan begadang 1 hari sebelum ujian. Pastikan kamu harus istirahat yang cukup, sehingga pikiranmu dapat fokus dan badanmu akan terasa fit.

  • Do your best and let the God do the rest!

Sebelum menjalani ujian, pastikan kamu dalam keadaan rileks. Jangan lupa berdoa untuk menyempurnakan usahamu. Yang penting selalu semangat ya!

Itulah kira-kira tips yang dapat kamu ikuti menjelang mengikuti ujian online. Hal yang perlu kamu ingat adalah ‘berusaha’. Jika tanpa usaha, kamu tidak akan mendapat hasil yang kamu inginkan.


Tinggalkan komentar anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.