Sebenarnya, Apa Yang Dilakukan Oleh Seorang Programmer?

Saat ini adalah era dimana semua orang melakukan aktivitas sehari harinya secara digital. Mulai dari pekerjaan kantor, kegiatan belanja, bahkan hingga hiburan. Namun tidakkah menarik bagi kalian untuk mengenal lebih dalam siapa yang berperan dibalik semua sistem digital yang kita konsumsi saat ini?

Tentu, semua sistem yang kita nikmati saat ini merupakan hasil dari banyak pihak. Namun salah satu pihak yang memiliki peranan paling besar adalah programmer. Programmer adalah pihak yang mampu menjadi jembatan bagi manusia dan sistem. Programmer juga berperan menjadi pemecah masalah dan pengembang dari sistem itu sendiri.

Secara Istilah, Programmer adalah penulis dan penguji kode yang digunakan untuk membuat program perangkat lunak. Mereka mengubah desain program yang dibuat oleh developer untuk menjadi instruksi yang dapat diikuti oleh komputer. Ada berbagai jenis programmer yang bisa dikategorikan seperti hardware programmer, software developer, database developer, web developer, dan masih banyak lagi. Namun secara umum menjadi seorang programmer memiliki tugas untuk :

  1. Mengidentifikasi masalah dan kebutuhan
  2. Merancang sistem dan tampilan program
  3. Melakukan coding
  4. Melakukan pengujian program
  5. Penerapan dan juga maintenance

Programmer yang baik adalah salah satu kunci keberhasilan dari pengembangan suatu sistem. Seorang programmer harus mampu meengeksekusi tugasnya dengan baik. Contohnya, jika seorang programmer gagal untuk mengidentifikasi kebutuhan yang ada di lapangan, maka sistem yang menjadi output juga akan gagal untuk menjadi solusi. Sebagai salah satu pemegang peranan penting, seorang programmer yang baik dan kompeten harus memiliki kualifikasi sebagai berikut :

  • Pemecah masalah yang andal

Sangat penting bagi seorang programmer untuk mengerti tentang apa yang menjadi permasalahan, bagaimana cara menyelesaikannya, dan metode apa yang paling efektif untuk diambil. Jika seorang programmer mampu mengidentifikasi masalah dan mengerti bagaimana cara menyelesaikannya, tentu hal ini akan menghasilkan sebuah sistem dan program yang optimal.

  • Tidak pernah berhenti belajar.

Seorang programmer yang andal tidak akan berhenti untuk berusaha menjadikan sistem dan programnya terus berkembang. Akan selalu ada peluang bagi sebuah program untuk terus maju dan menjadi lebih baik.

  • Disiplin!

Tanpa disiplinitas, sebuah program akan memperbesar peluangnya untuk gagal menjawab permasalahan yang ada.

  • Mampu mengkomunikasikan hal dengan baik

Program dan sistem yang baik adalah program dan sistem yang bisa digunakan dengan mudah oleh penggunanya. Maka dari itu, penting bagi programmer untuk mampu mengkomunikasikan dan mentransoformasi agar output yang dihasilkan dapat dipahami oleh para pengguna.

  • Adaptif dan kreatif

Seorang programmer harus mampu menyesuaikan diri dengan permasalahan, fenomena dan lingkungan yang ada. Jika tidak bersikap fleksibel, output yang dihasilkan tidak akan berkembang. Segala permasalahan sistem juga tidak bisa dikerjakan hanya dengan prosedur repetitif, memerlukan kreatifitas dalam segala pemecahan masalahnya.

  • Passion! Menyukai tekonologi

Yang terpenting, seorang programmer harus memiliki rasa cinta terhadap apa yang dia kerjakan. Tanpa hal ini, seorang programmer tidak akan mampu melakukan enam hal lain yang telah disebutkan sebelumnya! 😊

“You might not think that programmers are artists, but programming is an extremely creative profession. It’s logic-based creativity” – Jhon Romero.


Tinggalkan komentar anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.