Perusahaan sekelas Google pun bisa gagal

Google LLC adalah sebuah perusahaan multinasional Amerika Serikat yang fokus pada jasa dan produk yang berkaitan dengan internet. Produk Google meliputi search engine, online advertising, cloud computing, software, dan hardware. Google sendiri merupakan 1 dari 5 perusahaan teknologi terbesar di Amerika Serikat.

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan produk-produknya, bahkan hampir setiap hari pasti kita menggunakan produk-produk dari Google, seperti mencari informasi dari Google Search, menerima dan mengirim email dengan Gmail, menonton Youtube dan masih banyak lagi produk lain yang sering kamu gunakan. Oh iya, banyak dari kamu pasti pakai smartphone  dengan operating system Android juga kan? Bahkan untuk mematikan lampu saja bisa jadi kamu pakai Google Assistant-powered Home smart device.

Tapi tau gak? Perusahaan sekelas Google LLC ini bukan berarti gapernah gagal, ada lebih dari 50 produk dari Google LLC ini yang sekarang sudah ditutup atau berhenti diproduksi. Berikut adalah 5 contoh produk Google LLC yang bisa dibilang gagal atau kalah sama pesaingnya :

  • Google Buzz

Buzz ini mirip sama Twitter, bisa untuk ngepost status, foto, video, maupun tautan. Google menghentikan layanan lebih dari setahun setelah diluncurkan karena masalah privasi yang membuat Google harus membayar penyelesaian gugatan sebesar $ 8,5 juta, karena menggunakan informasi Gmail untuk platform sosial tanpa meminta izin pengguna.

  • Google Plus

Kalo Buzz mirip sama Twitter, Google Plus ini mirip sama Facebook. Google Plus diluncurkan pertama kali di tahun 2011, tapi gapernah bisa nyaingin popularitas Facebook. Karena penggunanya yang sedikit, akhirnya Google Plus di hapus secara bertahap, dan akhirnya ditutup pada April 2019.

  • Google Googles

Google Googles adalah aplikasi smartphone yang berguna untuk pengenalan gambar. Aplikasi ini digunakan untuk pencarian informasi berdasarkan gambar  yang diambil dari smartphone.  Namun sayangnya penggunanya sangat sedikit, dan sekarang pengguna lebih diarahkan untuk menggunakan Google Lens.

  • Google Answers

Google Answers adalah online knowledge market yang dikembangkan oleh Google, penggunanya dapat menanyakan pertanyaan dengan menawarkan sejumlah uang untuk pengguna yang bisa menjawab pertanyaan tersebut.

  • Google Videos

Google Videos adalah platform gratis tempat pengguna dapat mengunggah video untuk dilihat pengguna lain di seluruh dunia. Saat diluncurkan Google Videos memiiliki pesaing yang sangat sulit untuk dikalahkan, yaitu Youtube. Akhirnya Google memutuskan untuk membeli Youtube.

Itulah 5 produk Google LLC yang bisa dibilang gagal atau kalah sama pesaingnya. Apa kamu pernah coba aplikasi yang disebutin diatas?


Tinggalkan komentar anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.