Memasuki Era Revolusi Industri 4.0 banyak sekali perubahan yang terjadi tentang bagaimana sebuah perusahaan bekerja. Banyak perusahaan sudah mengubah proses bisnisnya guna membuat semuanya lebih efektif dan efisien. Penggunaan teknologi dan sistem berbasis online pun sudah mulai dilakukan pada bisnis dengan skala mikro bahkan bisnis rumahan.

Karena perubahan yang cukup cepat dan signifikan ini, tentunya banyak perusahaan yang berlomba untuk mencari kandidat yang tepat, untuk terus berinovasi dan beradaptasi menghadapi perubahan. Mulai banyak lowongan posisi dengan nama dan tanggung jawab yang baru, yang jumlahnya terus meningkat.

Berikut ini adalah profesi yang banyak dicari perusahaan pada tahun 2021 di industri digital:

  1. Social Media Specialist
    Peran dari seorang Social Media Specialist adalah untuk menciptakan konten digital yang kreatif untuk berbagai platform media sosial. Tujuan dari Social Media Specialist adalah meningkatkan brand awareness dan akhirnya akan berpengaruh terhadap penjualan.
  2. Digital Marketer
    Digital Marketer berperan untuk membuat strategi yang paling ampuh untuk mendatangkan penjualan, lewat berbagai digital asset yang perusahaan miliki. Digital Marketer biasanya menerapkan SEO, SEM, SMM, dan sebagainya untuk mencapai tujuan pemasarannya.
  3. UX Researcher
    Profesi ini bertugas untuk melakukan riset mulai dari perilaku dan kebutuhan pengguna. Hal tersebut akan dianalisa untuk dibuatkan design yang cocok dengan target penggunanya. UX Researcher akan menggunakan berbagai alat, teknik, dan metode untuk menganalisa kebiasaan atau perilaku dari pengguna.
  4. UI/UX Designer
    UI Designer memiliki tugas untuk menentukan tampilan aplikasi atau situs yang mereka kelola, sedangkan UX Designer bertugas untuk menentukan bagaimana suatu aplikasi atau situs bisa beroperasi dengan mudah. Dalam bekerja UI maupun UX Designer akan menggunakan hasil riset sebagai landasan.
  5. Product Manager
    Secara singkat peran dari Product Manager adalah bertanggung jawab pada bagian perencanaan, dan pengembangan suatu produk. Product Manager akan menganalisa data penjualan, tren, dan permintaan konsumen guna merancang produk baru yang memiliki daya tarik yang tinggi.
  6. Product Designer
    Peran profesi yang satu ini  adalah bertanggung jawab atas pengalaman pengguna suatu aplikasi. Meskipun biasanya lebih sering dikaitkan dengan aspek visual, namun mereka juga berperan dalam pembuatan arsitektur informasi.
  7. Data Analyst
    Data Analyst bertanggung jawab untuk menerjemahkan data  menjadi laporan yang dapat dengan mudah dimengerti oleh manajemen. Data yang akan dianalisa oleh Data Analyst, bermacam-macam, seperti data penjualan, riset pasar, logistik, biaya transportasi, dan sebagainya.
  8. Full-Stack Developer
    Full Stack Developer adalah seseorang yang merangkap tugas sebagai Backend dan Frontend Developer. Karena memiliki kemampuan pada back end maupun front end, tentunya hal ini menjadi nilai tambah karena mereka dapat dipercaya untuk menganalisa suatu masalah pada berbagai sisi pemrograman.
  9. Backend Developer
    Backend Developer adalah seseorang yang bertugas untuk mengembangkan sesuatu yang tidak terlihat dalam website seperti server dan database. Backend Developer biasanya menggunakan bahasa pemrograman seperti PHP, Ruby, dan Phyton.
  10. Frontend Developer
    Frontend Developer memiliki tugas untuk mengintrepretasikan suatu design dalam bentuk kode agar dapat diaplikasikan pada suatu website. Frontend Developer pada umumnya menguasai HTML, CSS, dan Javascript.

Jadi apakah kalian tertarik untuk terjun ke industri digital?


Tinggalkan komentar anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.