Mau Lamar Kerja tapi Belum Ada Pengalaman? Tenang aja, Ini Tips-nya!

Bagi kamu fresh graduate, sudah lulus, ataupun yang masih menjalani masa kuliah, pasti sering bingung dan takut gak bakal dapat kerja. Ada yang takut karena belum punya pengalaman, ada juga karena belum siap, ada juga karena tidak percaya diri. Tenang aja, ini tips buat kamu yang masih galau bisa dapat kerjaan atau enggak. Tapi ingat, kamu tetap harus berusaha dan termotivasi dengan hal-hal positif ya.

  1. Pelajari job description-mu

Job description adalah rangkuman tugas dan tanggung jawab mu untuk posisi kerja yang kamu lamar. Misalnya nih, perusahaan menulis bahwa mereka membutuhkan orang yang “memahami bahasa pemrograman Javascript” nah, maka kamu bisa menunjukkan kemampuan kamu mengenai itu sebanyak mungkin di coverletter atau di CV-mu.

  1. Manfaatkan skill networking-mu

Kalau kamu sering mendengar seseorang mendapat pekerjaan dari rekomendasi orang-orang terdekat mereka, itu memang hal yang benar. Nggak ada salahnya kamu menghubungi teman atau kenalan mu yang bekerja di perusahaan yang kamu incar. Sekaligus, minta juga saran dan pendapat mereka tentang CV-mu, karena mana tau mereka mengetahui kualifikasi perusahaan tersebut, sehingga kamu dapat menyesuaikannya. Hal ini karena biasanya perusahaan mendengarkan rekomendasi dan menjadikannya prioritas. Jangan malu meminta pada temanmu, selagi kamu memintanya dengan sopan, ya.

  1. Buat coverletter atau CV yang menjanjikan

Sederhananya, coverletter bisa diibaratkan sebagai versi panjangnya CV-mu yang menjabarkan pengalaman profesionalmu. Pastikan kamu membuatnya semenarik dan serapih mungkin, karena inilah yang pertama kali dilihat oleh perusahaan tempat kamu melamar.

  1. Kelola media sosial kamu

Sekarang ini, biasanya perusahaan mencari profil pelamarnya lewat media sosial mereka lho! Makanya kamu perlu membuatnya seprofesional mungkin, bahkan jika memungkinkan, kamu bisa mengamati dan mengikuti gaya media sosial perusahaan yang kamu incar, sehingga kamu sesuai dengan sosok yang sesuai dengan nilai dan citra perusahaan.

  1. Sertakan blog pribadi-mu saat melamar

Kamu suka blogging? Kamu punya blog pribadi? Jika ada, jangan biarkan hal itu diketahui oleh kamu seorang saja ya, tapi sertakanlah saat melamar kerja. Karena dari blog tersebut, perusahaan bisa mengenal kamu lebih dalam dan menilai minat dan kepribadianmu yang dapat menjadi nilai plus bagi mereka.


Tinggalkan komentar anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.