Hai para programmers! Yang namanya super pasti adalah segala sesuatu yang lebih dari yang lain, bukan? Maka dari itu, untuk menjadi seorang Super Developer, hal yang perlu kamu lakukan adalah terus menerus melatih diri. Penasaran apa saja kebiasaan-kebiasaan yang bisa menjadikan kamu seorang programmer yang super atau handal? Yuk cek dalam poin-poin berikut. Coding setiap hari Practice makes perfect. Istilah ini pasti sudah tidak asing lagi di telinga kalian. Tapi maksud dari pernyataan ini adalah benar adanya loh. Luangkan waktumu untuk berlatih coding, dan usahakan kamu lakukan secara rutin setiap hari, jangan sampai kosong. Sebab kalau kamu tidak coding dalam waktu yang cukup lama, biasanya kamu akan sedikit lelet dan perlu beradaptasi lagi. Karena dilakukan setiap hari, maka pasti ada pengetahuan yang kamu dapatkan tiap harinya. Cobalah sesuatu yang baru Jangan terus berputar dalam satu lingkaran saja, tapi cobalah sesuatu yang baru, bisa berupa bahasa pemrograman baru, sistem baru, editor baru, dan lainnya. Keluarlah dari zona nyamanmu dan tantang dirimu untuk melakukan sesuatu yang tidak disukai. Ikuti dan terapkan paradigma di setiap bahasa atau platform Gunakan paradigma yang berbeda pada berbagai bahasa, karena disamping kamu dapat belajar hal baru dan mendapat insight baru, kamu juga dapat membandingkan satu bahasa pemrograman dengan bahasa pemrograman lainnya. Bereksperimen dan berkreasilah. Belajar functional programming Bagi kamu yang belum tahu, functional programming adalah paradigm pemrograman yang fokus pada komputasi matematis (hubungan antara input yang akan mengembalikan output). Hal ini akan mengubah kamu menjadi developer yang lebih rapih saat coding. Dalam functional programming, kamu juga dianjurkan untuk berpikir bagaimana mengubah sebuah data yang di input ke sebuah fungsi dan mengembalikan hasilnya. Latihan berulang dengan ‘Kode Katas’ Istilah katas dalam bahasa Jepang mengacu pada pelatihan bela diri. Maka dari itu, istilah ‘Kode Katas’ sendiri berarti latihan coding untuk mengasah kemampuan programming dengan latihan yang berulang atau repetisi. Repetisi penting untuk melatih kecepatan otak kita dan melatih refleks kita dalam programming. Kira-kira itu tadi kebiasaan yang bisa membuat kamu lebih jago dalam hal coding. Tapi yang lebih penting adalah tekun dalam belajar, dan tunjukkan ikuti passionmu. Semua akan menjadi lebih mudah apabila kita mengerjakan sesuatu yang kita sukai. Benar bukan?

Kebiasan-Kebiasan yang Menjadikan Kamu Super Developer


Hai para programmers! Yang namanya super pasti adalah segala sesuatu yang lebih dari yang lain, bukan? Maka dari itu, untuk menjadi seorang Super Developer, hal yang perlu kamu lakukan adalah terus menerus melatih diri. Penasaran apa saja kebiasaan-kebiasaan yang bisa menjadikan kamu seorang programmer yang super atau handal? Yuk cek dalam poin-poin berikut.

  1. Coding setiap hari

Practice makes perfect. Istilah ini pasti sudah tidak asing lagi di telinga kalian. Tapi maksud dari pernyataan ini adalah benar adanya loh. Luangkan waktumu untuk berlatih coding, dan usahakan kamu lakukan secara rutin setiap hari, jangan sampai kosong. Sebab kalau kamu tidak coding dalam waktu yang cukup lama, biasanya kamu akan sedikit lelet dan perlu beradaptasi lagi. Karena dilakukan setiap hari, maka pasti ada pengetahuan yang kamu dapatkan tiap harinya.

  1. Cobalah sesuatu yang baru

Jangan terus berputar dalam satu lingkaran saja, tapi cobalah sesuatu yang baru, bisa berupa bahasa pemrograman baru, sistem baru, editor baru, dan lainnya. Keluarlah dari zona nyamanmu dan tantang dirimu untuk melakukan sesuatu yang tidak disukai. 

  1. Ikuti dan terapkan paradigma di setiap bahasa atau platform

Gunakan paradigma yang berbeda pada berbagai bahasa, karena disamping kamu dapat belajar hal baru dan mendapat insight baru, kamu juga dapat membandingkan satu bahasa pemrograman dengan bahasa pemrograman lainnya. Bereksperimen dan berkreasilah.

  1. Belajar functional programming

Bagi kamu yang belum tahu, functional programming adalah paradigm pemrograman yang fokus pada komputasi matematis (hubungan antara input yang akan mengembalikan output). Hal ini akan mengubah kamu menjadi developer yang lebih rapih saat coding. Dalam functional programming, kamu juga dianjurkan untuk berpikir bagaimana mengubah sebuah data yang di input ke sebuah fungsi dan mengembalikan hasilnya.

  1. Latihan berulang dengan ‘Kode Katas’

Istilah katas dalam bahasa Jepang mengacu pada pelatihan bela diri. Maka dari itu, istilah ‘Kode Katas’ sendiri berarti latihan coding untuk mengasah kemampuan programming dengan latihan yang berulang atau repetisi. Repetisi penting untuk melatih kecepatan otak kita dan melatih refleks kita dalam programming

Kira-kira itu tadi kebiasaan yang bisa membuat kamu lebih jago dalam hal coding. Tapi yang lebih penting adalah tekun dalam belajar, dan tunjukkan ikuti passionmu. Semua akan menjadi lebih mudah apabila kita mengerjakan sesuatu yang kita sukai. Benar bukan?


Tinggalkan komentar anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.