Udah sering belajar, tapi gak masuk otak juga. Pernahkah kalian mengalami hal tersebut? Hal itu bisa terjadi karena cara belajarmu yang mungkin salah. Sepele sih, tapi kamu perlu mencocokkan cara belajar dengan kepribadianmu. Kamu bisa coba cara-cara berikut ini supaya apa yang kamu pelajari mudah dimengerti tanpa harus berulang-ulang membaca.

  1. Yang penting harus nyaman

Coba rasakan, bagaimana posisi yang membuatmu nyaman ketika belajar. Apakah itu ruangan yang terbebas dari segala kebisingan? Apakah kamu memerlukan sayup-sayup suara music agar suasana hatimu lebih santai? Kamu harus berada dalam posisi yang pw untuk belajar. Karena jika tidak, pikiranmu pasti tidak akan tertuju kepada pelajaran, melainkan akan ter-distract dengan hal-halyang ada di sekitarmu.

2. Buka baca 1 buku penuh, tapi baca rangkuman

Mana yang lebih enak dibaca? 1 buku atau poin-poin rangkuman materi? Jika kamu merasa berat untuk mengerti seluruh materi dalam waktu yang singkat, baca poin-poin rangkuman. Rangkuman bisa kamu temui di buku atau kamu buat sendiri. Jika kamu punya waktu luang, barulah baca sekilas poin-poin yang ada di buku.

3. Belajar bareng lebih seru

Beberapa dari kamu pasti lebih enjoy kalau belajar bareng temen daripada sendiri. Gak masalah. Belajar dengan teman bisa memperkaya pengetahuanmu, karena kalian bisa saling menjelaskan apabila ada poin yang tidak dimengerti. Tapi jangan banyakan main daripada belajarnya ya! Hehe.

4. Pakai singkatan

Kalau kamu sulit mengingat materi, terutama yang kata-katanya asing dan sulit dihafal, kamu bisa membuatnya menjadi singkatan. Contoh: me-ve-bu ma-ju sa-ur nep : Merkurius-Venus-Bumi-Mars-Jupiter-Saturnus-Uranus-Neptunus.

5. Sebentar, tapi rutin

Dengan rutin belajar Anda akan semakin mudah untuk mengingat hal yang sudah Anda pelajari. yang perlu Anda lakukan adalah “belajar rutin” bukan “Terlalu lama belajar”. Seperti belajar saat pagi 45 menit, siang 25 menit, sore 50 menit, malam 1 jam. Cara ini sangat efetif dan pikiran juga akan tetap dalam keadaan rileks dari pada harus belajar terlalu lama.

6. Mengerti Bukan Menghafal

Ini yang sering terjadi di kalangan mahasiswa. Sebenarnya menghafal tidak salah, cuman kurang efektif. Untuk lebih efektifnya adalah mengerti teorinya maka dengan sendiri akan kita ingat ketika ujian. Menghafal lebih mengacu pada susunan kata-kata, namun jika mengerti adalah memahami seluruh materi.

Itulah tips yang bisa kamu ikuti untuk menciptakan metode belajar yang efektif dan efisien. Yang terpenting, semua bisa terlaksana kalau kamu punya niat.


Tinggalkan komentar anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.