artificial-intelligence-3382507_1920

Industry 4.0 vs Society 5.0

Mungkin kalian sudah pernah mendengar istilah Industry 4.0 ataupun Society 5.0. Namun sebelum masuk ke persamaan dan berbedaan ke dua era tersebut, kita bahas terlebih dahulu pengertian dan sedikit sejarah dari keduanya.

Industry 4.0 pada mulanya berawal dari konsep industri di negara Jerman. Era ini pertama kali digemakan pada Hannover Fair, 4-8 April 2011. Intinya, Industry 4.0 adalah era teknologi informasi dengan intermet, smartphone, sensor (IoT), dan koneksi data sebagai bagiannya.

Beralih ke Society 5.0 yang pada mulanya dipromosikan pemerintah Jepang tahun 2015, namun mulai diresmikan pada 21 Januari 2019. Era ini tidak lagi berpusat pada industri, melainkan berpusat pada orang-orang atau masyarakat. Dengan memanfaatkan teknologi sebagai penggerak, pemerintah Jepang ingin menciptakan masyarakat superpintar dengan Internet of Things (IoT), Artificial Intelligence (AI), Big Data, dan robotic sebagai teknologi utama untuk menyukseskan Society 4.0.

Lalu, apa persamaan dan perbedaan dari ke dua era tersebut? Mari kita bahas satu persatu dalam poin-poin berikut.

Persamaan Industry 4.0 dan Society 5.0 adalah:

  1. Menekankan teknologi IoT, AI, Smart Machine, Knowledge Management, dan Smart Web untuk mewakili konektivitas kerja.
  2. Menekankan bagaimana orang berkomunikasi dengan mesin melalui Intelligence Machine yang tersedia.
  3. Memiliki kekuatan untuk mengerjakan banyak tugas (multitasking) melalui berbagai jenis media otomatis dan platform komputasi.
  4. Menekankan pekerjaan di era ini merupakan proses yang selalu berjalan dan sebagai medium ke prosedur lain.
  5. Menekankan pergerakan bebas dari satu proses ke proses lainnya dan memerlukan sedikit protocol untuk menyelesaikan pekerjaan.
  6. Mempertimbangkan rekayasa keberlanjutan di tengah-tengah teknologi progresif dengan memastikan kelestarian lingkungan dalam kondisi baik.

Dan berikut perbedaannya Industry 4.0 dan Society 5.0 adalah:

  1. Industry 4.0 menekankan bagaimana pekerjaan dilakukan secara otomatis, sedangkan Society 5.0 menekankan pada bagaimana mengoptimalkan jam kerja untuk menyelesaikan pekerjaan.
  2. Industry 4.0 menyoroti efektivitas penggunaan mesin otomatis, sedangkan Society 5.0 menyoroti efektivitas pengoptimalan pengetahuan manusia dengan bantuan mesin cerdas.
  3. Industry 4.0 menekankan komunikasi yang terkomputerisasi dengan segala cara, sedangkan Society 5.0 bermaksud memudahkan dan mempercepat pekerjaan dengan bantuan mesin cerdas demi kepentingan manusia.

Pada intinya, era Industry 4.0 dan Society 5.0 hadir untuk mempermudah segala aktivitas menusia dan menjalankan segala sesuatu menjadi lebih efektif dan efisien.


Tinggalkan komentar anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.