Final Showcase ICStar Hackathon 2020

ICStar Hackathon yang diselenggarakan PT. Orbit Nasional Edukasi (ONE) di bawah naungan PT. IDStar Cipta Teknologi melangsungkan live streaming Final Showcase Competition pada hari Rabu, 2 September 2020 kemarin. Event online hackathon pertama di Indonesia ini merupakan ajang yang menjembatani universitas dan industri dengan memanfaatkan tren teknologi terkini dalam RPA (Robotic Process Automation) sebagai pusat topik kompetisi. Dengan dukungan dari Principal UiPath dan kerjasama perusahaan-perusahaan bonafit Indonesia, di antaranya BCA, Bank Mega, dan Adira Finance, event ini berhasil menjadi wadah mahasiswa IT di seluruh Indonesia untuk mengasah kemampuan dan menyalurkan ide mereka lewat pemberian solusi permasalahan yang sering ditemukan di perusahaan-perusahaan Indonesia.

Peserta yang telah melalui perjalanan panjang dalam berbagai tahapan seleksi berhasil lolos ke babak final dan berkompetisi untuk memperebutkan gelar kemenangan. Mereka adalah 18 orang yang tergabung dalam 6 tim, yaitu U-RoboThar, reCaptcha, Ganther, Blue Navy, Pandora Bots, dan Study Wars.

Dalam rentang waktu 31 menit, setiap tim memiliki kesempatan untuk mempresentasikan hasil ide konsep mereka di hadapan para juri dan penonton. Adapun pemenang dalam kompetisi ini akan mendapatkan hadiah total dari 150 juta rupiah yang ditentukan oleh penilaian dari dewan juri dan hasil vote dari audiens yang menyaksikan langsung. Pada setiap jamnya, Final Showcase ICStar Hackathon juga diselingi dengan sesi doorprize untuk menambah semarak acara dan memacu antusiasme audiens.

66 Peserta yang Tergabung dalam 22 Tim dari 27 Universitas di Indonesia

Berawal dari kurang lebih 300 peserta, 66 peserta dari 27 universitas di  Indonesia yang tergabung dalam 22 tim berhasil lolos dan memasuki tahap seleksi hingga menjadi 6 tim yang bertanding dalam Final Showcase ICStar Hackathon yang ditonton oleh lebih dari 3000 orang. Setelah melalui proses penilaian yang panjang, terpilihlah 3 tim yang berhasil meraih gelar juara, yaitu tim Study Wars sebagai Juara 1, Blue Navy sebagai Juara 2, dan Pandora Bots sebagai Juara 3. 

Champion Hackathon
3 Tim Pemenang ICStar Hackathon 2020

Kesungguhan, semangat, dan antusiasme tercermin dalam raut wajah peserta yang menandakan bahwa pandemi yang sedang merabah di Indonesia ini bukanlah penghalang bagi mereka untuk maju menjadi pribadi yang lebih berprestasi. Sekiranya dengan hadirnya acara ini, para generasi muda dapat termotivasi untuk fokus berkarya dengan ide-ide cemerlang mereka untuk membawa negara Indonesia ke kemajuan.


Tinggalkan komentar anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.