Website atau yang biasa disebut web adalah suatu kumpulan-kumpulan halaman yang menampilkan berbagai macam informasi teks, data, gambar diam ataupun bergerak, data animasi, suara, video maupun gabungan dari semuanya, baik itu yang bersifat statis maupun yang dinamis, dimana membentuk satu rangkaian bangunan yang saling berkaitan.  Sedangkan web design adalah istilah umum yang digunakan untuk mencakup bagaimana isi web konten ditampilkan, yang dikirimkan ke pengguna akhir melalui World Wide Web, dengan menggunakan sebuah browser web atau perangkat lunak berbasis web.

Karena web design atau perancangan web menjadi aspek yang krusial dan penting, maka kamu perlu mengetahui fakta-fakta seputarnya.

  1. Desain adalah senjata yang ampuh untuk menarik perhatian.

Desain adalah hal yang tampil awal saa pengguna membuka sebuah situs website. Desain itu tidak harus sulit, namun sederhana dan memiliki tata letak yang jelas. Yang terpenting dalam aspek desain adalah pengalaman pengguna, yaitu bagaimana menciptkana customer journey yang sederhana dan mudah. Kamu juga bisa mencatumkan warna yang mencerminkan perusahaan pada desai untuk menciptakan brand awareness. Jangan lupa gunakan heat maps untuk menganalisis tombol atau tautan yang paling sering diklik pengunjung, lakukan evaluasi dan update secara berkala.

  • Beda browser, beda proses.

Pernahkah kamu melihat desain yang berbeda pada tiap browser? Hal itu benar adanya. Sebenarnya tujuan dari berbagai platform browser adalah sama yaitu menampilkan halaman website sesuai dengan yang telah didesain. Namun pada faktanya tiap browser mempunyai mekanisme yang berbeda dalam mengartikan sebuah kode yang dibuat developer. Artinya, bisa saja tampilan yang diakses oleh browser Firefox berbeda dengan tampilan yang ada pada Chrome anda. Semua tergantung pada kebijakan browser itu sendiri. Karena terkadang developer membuat sebuah fitur yang tidak semua browser dapat mengadaptasinya. Maka tak heran, ada beberapa yang condong terhadap browser tertentu.

  • Desain web responsive vs desain web mobile.

Seperti halnya browser, desain web responsive dan web mobile dapat berbeda. Nyatanya, ketika membuat web mobile, developer pasti akan membuat web desktop, dimana kode yang dibuat harus berbeda agar bisa ditampilkan secara multiplatform. Web responsive adalah solusinya, web responsive berbeda dengan web mobile karena mempunyai kode desain yang sama namun dapat fleksibel di berbagai platform. Desain web responsif akan menggunakan resource yang sama namun dengan teknik tertentu bisa membuat gambar, tipografi dan pilihan navigasi tampil maksimal dan sama-sama bagusnya baik di desktop dan mobile.

  • Template membatas kreativitas.

Template memang digunakan untuk kemudahan. Template dapat mempermudah pekerjaan web design. Namun, template cenderung bersifat kaku dan sulit dimodifikasi. Hal ini akan membatasi kreativitas atau ide-ide yang muncul ditengah pengerjaan desain. Oleh karena itu, usahakan memulai membuat laman website dengan design yang dapat diatur secara bebas kapanpun anda mau. Namun apabila ada permintaan tertentu dalam pembuatan website, tidak masalah bila menggunakan template.

  • 2 tahun adalah waktu paling lama.

Perkembangan teknologi kekinian website, standar koding terbaru, update kompabilitas antar browser, perubahan standar algoritma pencarian (SEO) harus selalu diperhatikan setiap saat oleh tim developer agar dapat selalu mengikuti tren yang ada. Maka, halaman website harus selalui diperbaharui dan dimodifikasi secara bertahap untuk terus mempertahankan visitors. 2 tahun adalah suatu jangka waktu yang terlalu lama untuk melakukannya.

Itulah fakta seputar web design, mana yang sudah kamu ketahui dan mana yang belum?


Tinggalkan komentar anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.