Apakah Anda sudah menyadari revolusi baru Society 5.0? Revolusi baru ini, dirumuskan oleh Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe pada bulan Maret 2017 di pameran CeBIT, Hannover, Jerman (sumber: Cao.go.jp) untuk menangani segala permasalahan yang terjadi di Jepang dan baru diresmikan pada 21 Januari 2019. Di mana pada saat itu Jepang sedang mengalami sebuah tantangan berkurangnya populasi yang membuat penduduk/pekerja usia produktif berkurang, sehingga Jepang berusaha memperbaiki kondisi tersebut dengan menerapkan Society 5.0.

Society 5.0 sendiri menjadi sebuah “solusi” dari Revolusi Industri 4.0, di mana Society 5.0 ini diharapkan dapat menciptakan nilai yang baru melalui perkembangan teknologi yang canggih, sehingga dapat mengurangi adanya kesenjangan antara manusia dengan masalah ekonomi kedepannya.

IDStar Group merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang teknologi, yang berfokus pada industri IT dan tentunya sangat mendukung perkembangan teknologi di Indonesia pada era digital Society 5.0. Maka dari itu, IDStar Group mengadakan Big Virtual Event yaitu “Moving Towards Society 5.0” yang berlangsung selama 3 hari (9-11 November 2020) dan dihadiri oleh Muhammad Neil El Himam (Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif), Armand Wahyudi Hartono (Vice President Director BCA), dan Erwin Muniruzaman (SVP – Head of HR Operation Indosat) sebagai pembicara.

Acara ini dibawa dengan cara yang berbeda, yaitu dengan platform virtual 360° exhibition yang dapat memberikan sebuah experience baru bagi semua peserta, di mana semua peserta dapat berkeliling dan berkunjung ke seluruh booth company yang tersedia. Acara ini menyoroti sudut pandang Technology, Human and Marketing terhadap Society 5.0.

Sumber: event.idstar.co.id

Dalam acara Moving Towards Society 5.0 yang dimoderatori oleh Irene Umar (Founder DNC Indonesia), peserta diajak diskusi panel dan presentasi ide yang menarik dari para pembicara. Mulai dari smart city yang terhubung dengan kolaborasi manusia-robot, people reskilling untuk waktu yang lebih cepat dalam pemasaoran hingga menciptakan customer experience yang luar biasa.

IDStar yang merupakan perusahaan IT Resource sudah ikut serta berperan dalam penerapan Society 5.0. Arifa Tan yang merupakan CEO dari IDStar mengungkapkan tujuan diadakannya Event Moving Towards Society 5.0 ini adalah “Bersama kita pasti bisa. Lewat acara ini kita mencoba membawa negara kita bersama-sama pada suatu tujuan masa depan yang menarik, yang menjadikan kita siap menuju global market dan global workforce”.

Drife Solusi Integrasi yang merupakan bagian dari IDStar Group ini perusahaan yang bergerak dalam Digital Marketing Transformasi. “Di tahun 2020 kami melihat terdapat opportunity untuk mengembangkan automation lebih jauh lagi dengan menggabungkan antara automation dengan machine learning. Oleh karena itu, kami mengeluarkan digital workforce untuk customer kami.” ucap Ferdinand Prasetyo, CEO dari Drife.

Gema Inovasi Teknologi juga merupakan bagian dari IDStar Group yang berfokus pada Human Capital Management sangat menjunjung Society 5.0 ini. Tonny Soeroso yang merupakan CEO dari GIT menyatakan bahwa “Society 5.0 akan selalu berbicara tentang HR Software, karena ini adalah salah satu poin yang akan sangat membantu dari sisi HR untuk memanage data karyawan. Salah satu poin yang penting di HR software adalah Human Capital Management“. 

Selain itu, ada juga ONE Indonesia, yang merupakan salah satu perusahaan naungan IDStar, yang berperan sebagai perusahaan “penghubung” antara pendidikan dengan industri, menghadirkan “ONE Talent Apps”, yaitu sebuah aplikasi mobile yang dibuat dengan tujuan untuk mengembangkan karir, khususnya di bidang IT. Lengkapnya, aplikasi ini dapat membantu penggunanya untuk mencari pekerjaan, mengikuti event online, dan membuat CV nya secara profesional. “ONE Talent Apps merupakan platform untuk semua IT enthusiast. Orang-orang yang mau belajar dan punya mindset yang tepat serta passion di bagian IT yang mau mencoba untuk reskilling. We are open to you.“ ujar Deddy Ariesandy, Head of Business Development IDStar. Di samping itu, beliau juga menuturkan bahwa ONE Talent Apps merupakan platform Virtual Employee, yaitu platform bagi karyawan yang dapat melakukan pekerjaan jarak jauh.

Pada hari ketiga berjalannya Moving Towards Society 5.0 merupakan hari yang spesial bagi keluarga IDStar Group, karena pada tanggal 11 November 2020 merupakan hari ulang tahun IDStar yang kedua. Selain itu, di hari ketiga juga merupakan hari penting karena Karuna Baruna launching pertama kali dan langsung diresmikan oleh Muhammad Neil El Himam yang merupakan Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif). Karuna Baruna Nusantara merupakan anggota baru dari IDStar Group yang berfokus menjadi Digital Center di Indonesia. “Karuna Baruna Nusantara memiliki misi yang sangat luar biasa meliputi Love and Compass Nation yang artinya adalah kasih atau cinta yang saya punya untuk Indonesia, itu yang menjadi dasar Karuna Baruna Nusantara berdirinya digital center Indonesia.” Ungkap Brenda Regina Hansen yang merupakan CEO dari Karuna Baruna Nusantara. 

Sumber: Dokumentasi Live Event

Event Moving Towards Society 5.0 berlangsung dengan sangat baik dan mendapat respon positif dari semua peserta webinar. Terima kasih kepada para pihak yang telah mensupport event ini. Pertama kepada IDStar Group, Karuna Baruna Nusantara, Kemenparekraf, MASATA, BCA, Adira, ICCN, Indosat, Genesys, Oracle, OutSystems, TIBCO, UiPath, Adobe, Transjakarta, ADirect, Ladara, Epic Bali, Mitrasoft, Binus, My Icon Technology, Alona dan TMRW by UOB. 

Project Manager Moving Towards Society 5.0, Angga Wibowo mengungkapkan “Event Moving Towards Society 5.0 sangat luar biasa. Sinergi manusia dan teknologi harus terwujud guna kesejahteraan manusia, produktivitas & efektivitas terbantu karena adanya teknologi. Mari kita edukasi dan implementasi dari Society 5.0“.

Riska Anindhita yang merupakan salah satu peserta Moving Towards Society 5.0 merasa sangat bermanfaat, ia mengungkapkan “Menurut saya event Moving Towards Society 5.0 kemarin sangat inspiring dan memberikan banyak ilmu dari beberapa pakar yang telah berkontribusi di dalam acara ini. Memberikan pandangan yang luas baik secara teori dan teknis real world-nya. Pemahaman teknologi yang lebih dalam memang sangat penting untuk strategi marketing yang lebih tajam dengan behaviour market yang tentu saja dapat berubah. Semoga acara seperti ini dapat terus dilakukan. Thanks ya IDStar! Keep fostering and empowering”.

Siaran ulang dapat diakses melalui YouTube Channel Orbit Nasional Edukasi.


Tinggalkan komentar anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.