Kita semua pasti tidak terhindarkan dari yang namanya tugas. Yang berbeda hanyalah jumlah tugas yang dimiliki masing-masing. Tugas yang sangat banyak dan menumpuk bisa membuatmu lelah dan stress. Maka agar harimu berjalan dengan lancar, kamu perlu menyelesaikannya dengan baik agar kamu punya waktu lebih untuk diri sendiri dan keluargamu.

Lantas apa tips agar pekerjaan atau tugasmu tidak menumpuk? Berikut beberapa jawabannya.

  1. Kerjakan tugas dengan pelan-pelan

Cobalah untuk tidak terbebani dengan banyaknya tugas yang belum dikerjakan. Coba bekerja tanpa harus memaksakan diri untuk cepat selesai, karena pikiran ini membuatmu cepat lelah dan tidak bisa berpikir dengan baik. Kamu juga perlu istirahat di sela-sela pengerjaan agar pikiranmu lebih segar untuk bekerja kembali.

  1. Buat perencanaan yang efektif

Rencanakan dulu apa yang akan kamu lakukan, buat daftar pekerjaan dan susun berdasarkan skala prioritas. Lakukan dulu pekerjaan yang mudah, kemudian yang sulit. Hal ini sangat membantu melancarkan pengerjaan, karena kamu tidak perlu bingung harus mulai dari mana.

2. Fokus pada target

Saat kamu mengerjakan tugas, usahakan pusatkan konsentrasimu sepenuhnya. Hindari segala hal yang dapat mempengaruhi konsentrasimu, seperti matikan nada dering ponselmu, kunci ruangan tempat kamu bekerja, atau pergi ke toilet terlebih dahulu sebelum kamu mulai mengerjakan tugas.

3. Berani bilang ‘tidak’

Apakah kamu pernah sungkan saat ditawari pekerjaan? Jika ya, mulai sekarang kamu harus lebih berani untuk mengatakan ‘tidak’. Jika kamu tidak memungkinkan untuk mengambil pekerjaan itu, tidak ada salahnya kamu menolak. Tapi yang penting, utarakan alasanmu dengan bahasa yang sopan ya.

4. Tingkatkan life-balance

Ingat, semangat di luar kerja bisa memacu semangatmu saat di kantor loh! Sempatkan melakukan kegiatan yang kamu sukai, atau sempatkan bertemu dengan orang-orang terdekatmu, karena hal itu bisa meringankan bebanmu dan membuat kamu lebih siap bekerja setelahnya.

Nah, itulah tips-tips yang bisa kamu coba untuk mengatasi tugas yang menumpuk. Percayakan pada dirimu bahwa kamu bisa menghadapi semuanya, semangat ya.


Tinggalkan komentar anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.