9 Tips Menghafal dengan Mudah dan Cepat

9 Tips Menghafal dengan Mudah dan Cepat

Mungkin hafalan menjadi ketakutan besar bagi sebagian orang. Ada yang kesulitan menyerap materi, ada yang tidak dapat menerima banyak materi, dan lain-lain. Tapi, ada trik supaya kamu bisa menghafal dengan lebih mudah dan lebih cepat. Apa aja sih? Yuk cek poin-poin berikut!

  1. Konsentrasi

Sulitnya memfokuskan diri pada materi pembelajaran adalah masalah yang dialami banyak orang. Hal ini terjadi karena ada faktor-faktor yang mengganggu konsentrasi mereka seperti gadget, game, dan lain lain. Jadi, ketika belajar, carilah tempat yang tenang dan tidak berisik agar konsentrasimu tidak buyar.

  1. Paham dan Mengerti

Menghafal bukan persoalan membaca saja, namun memahami dan mengerti. Kamu tidak perlu menghafal seluruh kalimat dengan sama persis, yang penting inti dari yang kamu tangkap sama dengan inti yang sebenarnya.

  1. Sesuaikan Gaya Belajar

Mungkin kamu pernah dengar istilah visual, auditori, atau kinestetik? Nah, kamu harus tahu bahwa cara belajar mana yang cocok buatmu. Tipe visual yaitu dapat belajar secara optimal melalui indera penglihatan, tipe visual melalui indera pendengaran, dan tipe kinestetik melalui gerak.

  1. Meringkas atau Merangkum

Coba pilih, paragraf berisi kata-kata atau gambar dengan kalimat pendek? Seperti itulah contohnya. Kamu bisa membuat mind map dalam meringkas materi. Tulislah kata-kata yang penting saja, dan beri warna agar lebih menarik untuk dibaca.

  1. Buat Singkatan

Terkadang, menghafal keseluruhan kalimat membuat kita perlu mengulangnya berkali-kali agar dapat di hafal dengan benar. Kamu bisa mengambil huruf atau kata depan kalimat yang kemudia dirangkai menjadi singkatan.

  1. Lihat dan Bayangkan

Ketika menghafal, seringkali kita sulit menangkap maksud dari yang kita baca. Cara mudahnya, carilah benda-benda yang bisa membantumu menghafal, atau setidaknya bayangkan dalam benakmu. Dengan begitu, kamu akan lebih memahami materi.

  1. Lakukan Berkali-kali

Semakin sering diasah, pisau akan semakin tajam. Begitu pula dengan hafalan, semakin sering kamu membaca, kamu akan lebih mudah mengingat kata per katanya. Jika memungkinkan, hafalkan kembali materi saat kamu sedang melakukan kegiatan sehari-hari.

  1. Hindari SKS

Siapa yang sering SKS? Alias Sistem Kebut Semalam? Coba saja bayangkan, otakmu harus menampung keseluruhan materi hanya dalam waktu satu malam. Tentu saja tidak semua materi dapat diserap dan dihafal dengan baik. Oleh karena itu, cicil belajar beberapa hari menjelang ujian.

  1. Berpikir Positif

Belajar harus dilakukan dengan senang, dengan pikiran yang positif.  Kalau kamu berpikir menghafal itu susah, maka akan jadi benar-benar susah. Menghafal harus dengan suasana hati yang senang, karena jika ada paksaan, maka akan sulit untuk dipahami dan dimengerti.

Itulah tips-tips yang bisa dicoba agar kegiatan menghafal jadi lebih mudah dan cepat. Pilihlah mana yang nyaman untuk kamu terapkan. 


Tinggalkan komentar anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.