7 Perbedaan Antara Sibuk dan Produktif

Semua orang pasti memiliki beban pekerjaannya masing-masing yang membuat mereka merasa sibuk dengan pekerjaannya. Namun apakah kamu sudah menjadi orang yang produktif dalam bekerja?

Apa saja hal yang membedakan orang sibuk dan orang produktif? Berikut adalah 7 perbedaan antara sibuk dan produktif:

  • Prioritas

Prioritas menjadi salah satu pembeda antara sibuk dan produktif, jika kamu memiliki terlalu banyak prioritas maka kamu adalah orang sibuk, orang yang produktif akan tau mana hal penting yang menjadi prioritasnya dalam bekerja

  • Cara bertindak

Orang yang sibuk akan bertindak tanpa berpikir dahulu, sedangkan orang yang produktif akan berpikir terlebih dahulu sebelum bertindak, sehingga bisa meminimalisir risiko dan mengerjakan pekerjaannya dengan lebih efektif dan efisien.

  • Ketegasan

Orang yang produktif akan berani tegas untuk bilang tidak terhadap suatu pekerjaan. Dia akan menilai seberapa penting pekerjaan tersebut dan apakah pekerjaan tersebut akan mengganggu pekerjaan lain yang lebih penting. Sedangkan orang sibuk selalu mengiyakan semua pekerjaan, dan akhirnya malah mengacaukan pekerjaan yang lain.

  • Istirahat

Orang yang produktif tau kapan dia harus bekerja dan kapan harus istirahat. Mereka tau kapan harus begadang semalaman dan kapan harus beristirahat lebih lama. Sedangkan orang sibuk, akan lupa dengan waktu istirahat, sehingga kesehatan terganggu dan malah menurunkan performa bekerja pada hari selanjutnya.

  • Fokus

Orang yang produktif fokus pada gambaran besar pekerjaannya dan memperhatikan hanya detail yang penting, sedangkan orang yang sibuk fokus pada detail setiap pekerjaannya sehingga banyak waktu yang terbuang untuk sesuatu yang belum tentu penting.

  • Tujuan hidup

Orang yang produktif memiliki tujuan hidup yang jelas, sedangkan orang yang sibuk hanya bertujuan untuk menyelesaikan tanggung jawabnya saja tanpa memikirkan apa tujuan utamanya dalam hidup.

  • To do list

Orang yang produktif akan membuat to do list pekerjaannya berdasarkan prioritas dan deadline yang utama. Sedangkan orang sibuk hanya ingin mengerjakan setiap pekerjaan dengan cepat sehingga bisa melanjutkan pekerjaan yang lain.

Jadi kamu termasuk orang yang sibuk atau orang yang produktif? Kalau masih termasuk orang yang sibuk, yuk kita sama-sama belajar untuk jadi orang yang lebih produktif!


Tinggalkan komentar anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.