Please share this project
0
RUMAH BACA INDONESIA (RBI) KE-27 DI SINGKAWANG
By Komunitas Kami Anak Bangsa
25 July 2016
Achieved
Rintik hujan tak henti mengguyur kota Pontianak hingga Singkawang sejak pagi. Dengan panduan via telepon, akhirnya kami, tim KKAB yang datang dari Jakarta, berhasil mencapai Sekolah Asoka yang terletak di daerah Sijangkung, bagian utara kota Singkawang. Tampilan sekolah yang bersih dan indah mampu menutupi pemandangan samping kanan, samping kiri dan bagian belakangnya yang merupakan tanah pekuburan.
Sabtu, 20 Februari 2016, saat waktu menunjukkan pukul 12 siang, bukan lagi waktu belajar di sekolah, namun suara adik-adik murid Sekolah Asoka telah terdengar oleh kami ketika melangkah masuk ke halaman sekolah tersebut.
Acara peresmian RBI ke-27 KKAB, dimulai jam 1 siang diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan “Indonesia Raya”, dilanjutkan dengan pemanjatan doa yang kemudian ditutup dengan berbagai permainan menggambar berantai yang melibatkan adik-adik murid kelas 1 hingga kelas 6 SD. Acara peresmian dihadiri oleh Ketua KKAB, Tony Wijaya, Kepala Bidang Pendidikan KKAB, Arifa Tan, Kepala Sekolah SMP Asoka, Jimmy, dan Kepala Sekolah SD Asoka, Dedi Alfonso beserta seluruh jajaran pengurus sekolah dan guru-guru.
Pada saat yang bersamaan, di bagian lain gedung Sekolah Asoka diadakan tiga kegiatan lainnya. Kegiatan pelatihan “Advanced Power Point & Presentation Skill” bagi 11 orang guru, yang difasilitasi oleh Restiani, relawan dari Phintranco Group. Kemudian, ada sesi “Perencanaan Keuangan Keluarga” yang dihadiri oleh lebih dari 40 orang tua siswa dan guru-guru, dipandu oleh Widya Kusuma dari KKAB. Selain itu, Arifa Tan dari KKAB memberikan sosialisasi Pengelolaan Perpustakaan RBI KKAB yang dihadiri oleh tiga pengurus perpustakaan yang merupakan guru di Sekolah Asoka.
Keesokan harinya, Tim KKAB juga berkesempatan bertatap muka dengan pembina sekolah yang menjadi perintis pendirian Sekolah Asoka, Bhikkhu Thitanyanno yang baru pulang bertugas dari kota lain. Beliau memiliki visi agar generasi muda Singkawang mendapatkan pendidikan bermutu untuk kelak dapat berkarya dalam membangun daerah sendiri tanpa perlu pindah ke kota besar. Dalam akhir diskusi, Pihak sekolah mengungkapkan harapannya untuk mendapatkan dukungan lebih lanjut berupa pelatihan bagi para guru khususnya dalam bidang desain grafis.
Support This Project
Funds
Achieved Project

Feb
20
RUMAH BACA INDONESIA (RBI) KE-27 DI SINGKAWANG
Progress
IDR 1,000,000
57%
(IDR 570,368)
Please confirm your donate here.
Participants
Past Projects
Gallery Activities
One Donate
Please fill in the following data if you want to support this campaign.

With this data, One Indonesia will Donate to this ​campaign​ as your name. Thank you for your support.

Register to Support
You must to login or register new account to donate.

Languages