Bagaimana Pendidikan formal anak di Indonesia?

By October 25, 2017Artikel, Edukasi
IMG-20171009-WA0069

Kerap didengar bahwa pendidikan itu harus bersekolah. Apakah benar pendidikan harus duduk di bangku sekolah? Pemahaman yang sampai sekarang belum dapat dibuktikan secara nyata, karena masih terlihat banyak anak-anak tidak duduk di bangku sekolah. Harus dipahami, bahwa pendidikan merupakan satu hal terpenting dalam kehidupan. Bahwa setiap manusia berhak selalu bertumbuh dan memiliki rasa untuk memahami mengenai pendidikan. Seperti hasil penelitian dari Pusat Studi Kependudukan dan Kebijakan Universitas Gadjah Mada, Hasil bantuan Siswa Miskin Endline di Sumatera Utara, Jawa Barat, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, dan Sulawesi Selatan. Terdapat 47,3% tidak bersekolah, 31% ingin membantu orangtua dengan bekerja, serta 9,4% ingin melanjutkan pendidikan nonformal. Dengan adanya data tersebut, menyatakan bahwa perlu adanya perhatian terhadap pendidikan formal bagi setiap anak.

belajar

Sumber Foto

Sama halnya dengan pendidikan yang kita dapatkan pertama kali yaitu dalam lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat. Peranan dalam lingkungan keluarga menjadi salah satu tonggak terpenting bagi setiap orang untuk memahami pentingnya pendidikan. Orangtua yang memberi didikan agar supaya menjadi terdidik kedepannya. Sedangkan, lingkungan sekolah merupakan peranan kedua bagi seseorang untuk mendapatkan sebuah pendidikan. Di sekolah anak dapat memahami tidak hanya sebuah pelajaran dari seorang guru, melainkan juga memahami sebuah karakter dari setiap anak yang bersekolah. Selain itu, saat di sekolah akan mengajarkan tentang intelektual seorang anak. Tidak luput dari itu, peranan lingkungan masyarakat pun menjadi salah satu bagi seseorang untuk mendapatkan sebuah pendidikan. Dalam masyarakat, seseorang mendapatkan pendidikan yang lebih yaitu dalam pembentukan karakter seorang anak.

pedalaman pendidikan

Sumber Foto

Dalam pendataan tersebut, terlihat bahwa tidak ada jaminan untuk seseorang dapat melanjutkan hidupnya duduk dibangku sekolah. Dari situ seharusnya terdapat sekolah yang dapat menerima mereka untuk tetap melanjutkan kehidupannya, dan mendapatkan sebuah pendidikan, meski tidak duduk di bangku sekolah. Sehingga setiap orang dapat merasakan dan memahami pentingnya sebuah pendidikan tanpa mampu untuk duduk di bangku sekolah. Lalu, apakah pemerintah sudah memperhatikan anak-anak yang tidak dapat duduk di bangku sekolah?

Sumber 1

Leave a Reply