Warning: is_file() expects parameter 1 to be a valid path, string given in /srv/users/serverpilot/apps/oneindonesia/public/wp-content/plugins/sitepress-multilingual-cms/embedded/wpml/commons/src/wpml-auto-loader.php on line 121
Ngeri ! Pria ini Gugat Sistem Sekolah dan menjadi Viral di Sosmed - One Indonesia - Bantuan Pendidikan di Indonesia

Ngeri ! Pria ini Gugat Sistem Sekolah dan menjadi Viral di Sosmed

By November 8, 2016Artikel
gigat-sistem-sekolah

Albert Einsten pernah berkata ” Setiap orang itu Jenius, tapi jika menilai seekor ikan dari kemampuannya memanjat pohon,maka itu akan membuatnya merasa bodoh seumur hidup”.

Itulah , pembukaan kalimat di video yang belum lama ini telah menjadi viral di sosial media. Seorang pria berkulit hitam, berbicara di dalam sebuah persidangan, mencoba untuk menghadirkan sebuah pemikiran baru, sebuah pemikiran dan pandangan yang mampu “menelanjangi” bagaimana sistem pendidikan sekolah yang terjadi saat ini, terlihat seperti pola pendidikan yang usang dan sudah tidak relevan dengan kondisi saat ini.

Si pria memperlihatkan, bagaimana sebuah telepon ber-transformasi dari 150 tahun silam dengan model yang sangat kuno menjadi model yag modern dan terlihat canggih di waktu sekarang. Lalu, perubahan yang signifikan pun terlihat dari sebuah mobil jaman dahulu dengan mobil jaman sekarang, dengan segala model dan fitur-fitur canggihnya.

Baik teknologi telepon maupun industri mobil telah ber-transformasi total dari 150 tahun silam hingga di era sekarang. Tapi TIDAK untuk wajah pendidikan . 150 tahun yang lalu, model belajar anak di sekolah adalah di dalam kelas, yang diisi 20-30 siswa/siswi di dalam kelas dengan seorang guru yang berdiri di depan kelas. Lalu bagaimana dengan model belajar anak-anak kita saat ini di sekolah. JAWABANNYA MASIH SAMA !

Dengan kondisi kelas dan model yang sama, sebagian sekolah selalu meng-klaim sedang menyiapkan generasi muda masa depan. Bagaimana bisa, dengan metode lama yang digunakan di hampir mayoritas sekolah saat ini, tujuannya untuk melahirkan generasi muda masa depan.

Di dalam kelas, yang diisi 20-30 siswa/siswi , hadir dengan kekuatan yang berbeda-beda, kebutuhan yang berbeda-beda, bakat yang berbeda-beda bahkan dengan mimpi yang berbeda-beda, tapi seorang guru yang berdiri di depan kelas mengajarkan hal yang sama dengan cara yang sama ke semua murid tadi, ini tentu bisa dikatakan tindakan yang sangat tidak tepat.

Bahkan bisa diibaratkan seorang dokter yang memberikan resep obat yang sama ke semua pasiennya yang sakit. Bisa dipastikan akan berakhir tragis.

Selain Sistem Pendidikannya yang digugat , pria ini juga menyinggung kesejahteraan guru yang sangat jauh dari kata layak. Bagaimana mungkin, sosok guru yang menjadi ujung tombak dari sebuah sistem pendidikan, yang lewatnya berharap lahir anak-anak bangsa yang mampu merubah masa depan dunia, tapi diperlakukan sangat tidak layak.

Bahkan, saya pernah mendengar sebuah anekdot di sosial media “ Guru dibayar MURAH untuk memperbaiki moral dan akhlak anak-anak, TAPI Artis sinetron dibayar MAHAL untuk merusak moral anak-anak”

Terlepas, video ini settingan atau tidak, yang jelas isi videonya sangat sarat makna, dan membuat kita tertampar.

Berikut Video nya :

Jika,anda termasuk orang yang care tentang dunia pendidikan, care terhadap masalah pendidikan di Indonesia dan ingin menjadi bagian dari perubahan , anda bisa berjuang bersama-sama kami lewat wadah “OneIndonesia” ini.

Anda bisa menjadi Kontributor dan mulai memberikan pandangan , masukan atau apapun dalam bentuk tulisan untuk perubahan wajah pendidikan kita. Atau anda juga bisa menjadi Volunter untuk aksi yang lebih konkrit.

Yuk gabung disini :

FB : https://www.facebook.com/One1ndonesia

Instagram:https://www.instagram.com/one1ndonesia/

Youtube : https://www.youtube.com/channel/UC4XfN2xXb7kCXtcM_lDAgRw

Kontributor :

Dhony Raka (Mas Raka ) : Blogger sekaligus Konsultan Digital Marketing

My website : masraka.websit & dmlabs.id

Leave a Reply

Languages