Warning: is_file() expects parameter 1 to be a valid path, string given in /srv/users/serverpilot/apps/oneindonesia/public/wp-content/plugins/sitepress-multilingual-cms/embedded/wpml/commons/src/wpml-auto-loader.php on line 121
Antara Sumpah Pemuda, semangat 88 tahun silam dan Janji Pendidikan - One Indonesia - Bantuan Pendidikan di Indonesia

Antara Sumpah Pemuda, semangat 88 tahun silam dan Janji Pendidikan

By October 25, 2016Artikel
sumpah-pemuda-dan-janji-pendidikan

Halo pemuda pemudi Indonesia. Sebentar lagi kita akan memperingati suatu peristiwa bersejarah dalam kemerdekaan republik indonesia.

Bayangin guys,88 tahun silam, untuk mendapatkan pengakuan sebuah negera yang berdaulat dan merdeka, seluruh pemuda Indonesia bersatu membuat pertemuan yang di sebut Kongres untuk memberikan dampak yang kongkrit bagi bangsanya. Pertemuan itu berlangsung sampai dua kali. Di Tahun 1926 dan tahun 1928.

Mereka sadar betul, bahwa tidak ada perjuangan yang sia-sia, walaupun secara de facto dan de jure , mungkin Bangsa Indonesia belum diakui, yang ada hanya Hindia-Belanda, akan tetapi sejarah selalu mencatat, untuk sebuah perjuangan yang dilakukan secara massive dan berpedoman mulia, akan selalu Tuhan beri jalan dan pada akhirnya di pertemuan yang kedua , lahirlah Kesepakatan sekaligus kita kenal sebagai Janji Suci dari pemuda Indonesia, yaitu Sumpah Pemuda .

3 poin penting yang mereka angkat dan mereka tegaskan bahwa : Tanah Air Indonesia, Bangsa Indonesia dan Bahasa Indonesia adalah “harga mati” untuk mereka.

Mereka berkeyakinan, bahwa ada 4 hal yang bisa membuat pemuda indonesia bersatu yakni Sejarah, Bahasa, Adat Istiadat dan Pendidikan.

Bahkan di momen itu, lagu Indonesia Raya karya WR.Soepratman di tetapkan sebagai lagu kebangsaan Indonesia.

Gerakan pemuda, memang sering melahirkan sebuah perubahan terhadap sesuatu, karnanya tidak lah berlebihan Founding Father kita pernah berkata “Berilah saya 10 pemuda, maka akan aku goncangkan dunia”

Lalu,bagaimanakah peranan kita sebagai pemuda Indonesia yang lahir di Era Globalisasi dan Internetisasi saat ini?

Janji suci apa yang sudah kita berikan kepada bangsa kita?
Janji suci apa yang sudah kita realisasikan demi kesejahteraan bangsa kita?

Tidakkah kita melihat, keadaan bangsa kita mulai kehilangan jati dirinya dalam selimut yang bernama modernisasi.

Masih adakah “rasa” yang dapat menyatukan kita sebagai anak bangsa,sebagaimana “rasa” yang pernah menyatukan seluruh pemuda-pemudi indonesia 88 tahun silam.

Saatnya kita lakukan hal yang kongkrit, karena pemuda adalah “agen perubahan” bagi bangsa ini.

Lewat Oneindonesia, kita sama-sama bergerak demi pendidikan yang merata dan lebih baik.

Siapkah kita membuat Janji suci, yaitu sebuah “Janji Pendidikan “, agar pendidikan yang berkualitas di negeri ini bukan lagi sebuah mimpi atau barang mewah sehingga bisa dinikmati oleh semua akademisi .

Gabung bersama kami di :
Facebook oneindonesia
Kontributor web oneindonesia

Leave a Reply

Languages