Pendidikan – Komunikasi Tanpa Batas

img_20160817_130959

Komunikasi sudah menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari, meskipun terbatas fisik atau kendala lainnya, tetap saja ada akal manusia untuk menjalin komunikasi. Berdasarkan apa yang pernah saya pelajari dulu di jurusan ilmu komunikasi yang kemudian saya rangkumkan menjadi sebuah pengertian sederhana berikut: komunikasi adalah cara manusia untuk dapat menyampaikan pesan dengan tujuan agar saling memperoleh pengertian untuk tercapainya suatu tujuan tertentu.

Bermula dari zaman dahulu kala, manusia meninggalkan jejak-jejak komunikasi yang akhirnya dipelajari oleh keturunan berikutnya, entah dalam bentuk tulisan pada batu, ukiran, pahatan atau benda-benda peninggalan bersejarah. Semua dimaksudkan agar dapat menjadi pelajaran yang mendidik bagi generasi selanjutnya, entah itu berisi petuah, larangan, petunjuk, atau bahkan peta harta karun. Begitu menarik untuk dipelajari dan diteruskan komunikasi bagai pesan berantai dari keturunan demi keturunan, orang Рorang berlomba memahami apa maksud yang terkandung dalam sebuah pesan. Pesan menjadi sangat rahasia, komunikasi menjadi sangat penting.

Adalah yang disebut sosial media, sebuah pengantar yang membantu manusia menjelajah¬†komunikasi lintas ruang dan waktu. Di mana manusia dapat berkomunikasi dengan bantuan teknologi yang menjadikan kata bukan satu-satunya sarana komunikasi tetapi foto, apa yang dikenakan, simbol-simbol mengkomunikasikan pesan yang ada; sering kita menyebutnya sebagai “pencitraan”.

Lalu bagiamana perkembangan komunikasi jaman sekarang? Saat ruang dan waktu bukanlah halangan komunikasi kita saat ini, lalu apakah komunikasi yang kita jalani setiap hari justru mengalami kemajuan atau kemunduran? Bagaimana sebuah pesan rahasia menjadi “semu” karena lahirnya sosial media yang mengumbar hal rahasia menjadi sebuah konsumsi komunikasi publik? Akankah komunikasi yang kita ajarkan kepada generasi penerus kita sebagai bahasa pemersatu bangsa atau malah sebaliknya?

Pikiran saya melayang akan apa yang bisa kita lakukan di masa akan datang, komunikasi yang tanpa batas akan hadir seiiring perkembangan dan kemajuan teknologi, tapi apakah setiap pesan yang kita sampaikan pada generasi ini akan diteruskan di generasi akan datang, akankah kebudayaan yang selama ini kita pegang akan tetap abadi, akankah setiap budi pekerti yang kita amalkan dapat terus dikomunikasikan secara benar sama seperti pesan yang kita tangkap dari leluhur kita untuk kita sampaikan kepada generasi selanjutnya.

Yah jawabannya hanya satu, kita harus mengajarkannya, kita harus memberikan pendidikan, kita harus membuat mereka mengerti. Teknologi telah membantu kita mencatat semua komunikasi yang ada, dan jangan jadikan komunikasi hanya untuk diri sendiri saja, tapi berkomunikasilah tanpa batas – didiklah orang tanpa batas – menginspirasilah tanpa batas.

Leave a Reply