Buku Cerminan Diri

By September 7, 2016articles, Artikel, Edukasi, Opini, Umum
img_3560

Buku itu cerminan diri

“Apa jenis buku favoritmu?”

Fiksi, pengetahuan ilmiah, biografi, motivasi, atau buku diari? Hihihi 🙂

Kalau aku sih suka semuanya, tapi lebih suka novel dan komik.

Katanya buku itu jendela dunia. Tapi tahukah kamu dunia mana yang dimaksud?

Duniamu…

Kenapa? Karena dengan membaca buku, kamu tidak hanya mengetahui apa saja yang ada di luar sana, yaitu dunia sesungguhnya. Namun, lebih spesifik lagi kamu bahkan bisa mengetahui duniamu sendiri, cara pandang kamu, cara berfikir kamu, cara penilaian kamu. Terlebih lagi, semakin kamu banyak membaca buku yang kamu suka maka akan semakin banyak lagi hal-hal yang akan kamu sukai lagi dan ingin kamu lakukan langsung di dunia nyata setelah kamu menyelam di dunia-mu dalam buku.

Misalnya saja, aku suka jalan-jalan, ketika aku membaca novel dengan latar lokasi yang berada di tempat yang tidak pernah aku kunjungi, aku akan berimajinasi tentang hal tersebut, seolah akulah si tokoh utama dalam novel tersebut. Semakin aku menyukai novelnya maka aku akan semakin banyak lagi berimajinasi untuk hal-hal yang aku suka dan pada puncaknya aku akan merencanakan sebuah perjalanan ke lokasi yang ada dalam novel tersebut.

Atau juga temanku suka sekali dengan buku-buku motivasi, dia bilang sih ,“membantu untuk memotivasi diri”. Efek paling terasa adalah dia itu “temanku” termasuk orang paling “kalem” dan paling straight to the point saat menghadapi suatu masalah. Sangat berbeda denganku, yang jika ada suatu masalah akan langsung panik karena sudah berimajinasi hal-hal apa saja yang akan terjadi selanjutnya, walaupun pada akhirnya masalah tersebut akan selesai dengan caraku. Namun, dari situ saja kita sudah dapat membedakan cara penyelesaian masalah dari dua orang dengan jenis buku kesukaan yang berbeda.

Orang banyak baca tidak selalu tahu banyak hal, namun dia akan paham dan lebih memahami akan hal yang dia baca. Yuk, membaca ♥

Leave a Reply