5

Beda Usia Beda Bacaan

Pernahkah anda membelikan buku untuk anak yang bagus menurut anda, tetapi anak anda tidak menyukainya?  Kira-kira seperti apa ya buku yang pas untuk anak?

Memilih buku bacaan anak bukanlah hal yang mudah ada banyak hal yang harus diperhatikan dalam memilih buku bacaan yang pas. Sejatinya buku yang baik diberikan pada anak adalah buku yang sesuai dengan tahapan perkembangan proses kognitifnya.

Proses kognitif menjadi penting diperhatikan karena karena berkaitan dengan pemikiran, kecerdasan dan bahasa anak. Berdasarkan teori Piaget yang dirangkum oleh Santrock (2014) terdapat empat tahapan perkembangan anak yaitu:
1
a) Tahap Sensorimotor

Pada tahapan ini anak akan membangun pemahaman dunia dengan mengoordinasikan pengalaman sensorik (seperti melihat dan mendengar) dengan tindakan motorik (seperti menyentuh dan menggapai). Pada tahapan ini anak akan menunjukkan pola reflektif untuk beradaptasi dengan dunia. Fungsi sensorimotor pada tahapan ini mengalami perkembangan yang pesat. Pada tahapan ini sangat baik untuk dikenalkan berbagai benda dan warna yang ada di sekitar. Berdasarkan perkembangannya, anak pada usia 0 – 2 tahun dapat diberikan buku yang dapat melatih perkembangan sensorimotornya. Oleh karena itu buku yang pas untuk usia ini adalah:

  • Buku dengan gambar yang besar dan jelas, kaya akan warna dan cerah agar mudah menarik perhatian anak
  • Buku dengan gambar yang bertekstur untuk melatih sensor peraba
  • Buku yang disertai audio suara (seperti suara binatang)
  • Bahannya aman tidak beracun
  • Cerita atau tulisan tidak banyak, hanya kalimat sederhana dalam satu gambar yang besar

 2

 b) Tahap Praoperasional

Pada tahapan ini anak berusaha untuk merepresentasikan dengan kata-kata dan gambaran. Kata-kata dan gambaran ini menunjukkan berkembangnya pemikiran simbolis anak yang telah melampaui hubungan informasi sensoris dan motoriknya. Pada tahapan ini penalaran anak juga berkembang sehingga selalu ingin tahu jawaban dari semua pertanyaan yang muncul melalui pemikirannya. Berdasarkan perkembangan ini ciri-ciri buku yang pas untuk anak adalah

  1. Buku berwarna yang memiliki ilustrasi dan gambar yang jelas sehingga anak dapat terlibat aktif dalam situasi yang digambarkan
  2. Cerita sederhana, lucu dan menyenangkan (misalnya dengan tokoh fabel) untuk menarik minatnya terhadap bacaan
  3. Memiliki cerita yang kontekstual dan dapat mendorong anak untuk bertanya dan mengeksplorasi dunianya
  4. Mengenalkan konsep yang sederhana seperti mengenal angka, huruf, bentuk dan warna

3 c) Operasional Konkrit

Pada tahapan ini anak dapat bernalar secara logis mengenai kejadian konkrit dan mengklasifikasikan objek ke latar yang berbeda.  Penalaran logis ini menggantikan penalaran intuitif ketika pada masa praoperasional. Akan tetapi anak pada tahapan ini belum bisa menyelesaikan permasalahan yang abstrak, sehingga buku yang pas untuk anak pada tahapan ini adalah

  1. Memiliki bacaan dengan huruf yang jelas sehingga mudah dibaca
  2. Berwarna dengan ilustrasi gambar yang atraktif dan dapat mengenalkan kosakata baru
  3. Jika terdapat prosedur unjuk kerja, prosedurnya sederhana tidak terlalu banyak kata-kata dan disertai ilustrasi untuk membantu memahami urutan prosedur
  4. Buku dengan karakter yang menarik, jika perlu dengan gambar karakter kesukaan anak
  5. Dapat memancing anak untuk melakukan diskusi dalam upaya melatih komunikasinya

 4

 d) Operasional Formal

Pada tahapan ini anak memasuki masa remaja dan sudah bernalar secara logis, abstrak dan idealistis. Pada tahapan ini anak mulai dapat menyusun perencanaan secara prosedural dalam menyelesaikan permasalahan. Anak sudah dapat menentukan pilihan. Oleh karena itu buku yang pas untuk anak usia ini adalah buku yang sesuai dengan minatnya dan memberikan ruang lebih untuk daya abstraksinya.

Nah bagaimana…, apakah anda sudah menemukan buku yang pas untuk anak? Yuk budayakan literasi membaca sejak dini karena membaca kita dapat menjelajahi dunia lebih dalam.

Leave a Reply